by

Ridwan Kamil: Satukan Langkah Tangani Tengkes dan Kemiskinan Ekstrem

Seputarnews.com /KOTA BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan wejangan kepada Forum Wakil Kepala Daerah se-Indonesia untuk menyatukan tujuan dalam penanganan tengkes atau _stunting_ dan pengentasan kemiskinan ekstrem.

Salah satu yang ditekankan oleh Ridwan Kamil di hadapan para wakil kepala daerah, yaitu menciptakan inovasi. Menurutnya, terobosan perlu dilakukan guna membangun suatu wilayah dengan sumber daya manusia yang sehat dan produktif.

Demikian dikatakan Ridwan Kamil saat menghadiri sekaligus membuka Workshop Forum Wakil Kepala Daerah di Hotel Aryaduta, Kota Bandung, Jumat (18/2/2022).

Di hadapan para wakil kepala daerah yang hadir, Kang Emil–sapaan Ridwan Kamil membeberkan jurus Pemda Provinsi Jabar dalam mengurangi tengkes, juga mengentaskan kemiskinan ekstrem.

Pertama, mengenai tengkes, Jabar telah melakukan gerakan masif dan terukur yang bernama Omaba (Ojeg Makanan Balita). Dalam program tersebut, makanan yang penuh dengan gizi seimbang disalurkan kepada masyarakat kurang mampu.

Kedua, Kang Emil menciptakan sebuah inovasi Petani Milenial. Melalui program tersebut dapat memberikan ruang bagi kaum muda yang merantau ke kota untuk kembali pulang kampung dengan mengurusi lahan Pemda Provinsi Jabar menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi tinggi.

Gubernur pun mengapresiasi pertemuan ini, sehingga bisa saling bertukar pikiran untuk menyelesaikan permasalahan yang ada. Selain itu, Kang Emil menyebutkan cara-cara terbaik dalam menghadirkan solusi untuk penurunan tengkes dan pengentasan kemiskinan.

“Ada dua tema, satu adalah stunting, yang kedua pengentasan kemiskinan ekstrem. Tadi saya berikan pengalaman dari masa saya menjabat Wali Kota Bandung dan Gubernur, yakni bagaimana membangun daerah dengan terobosan-terobosan,” imbuhnya.

“Karena kalau kita ingin menjadi negara adidaya, SDM-nya harus sehat. Kalau SDM-nya tidak terlayani dan sehat, tentunya pada 2045 akan banyak anak muda yang menjadi beban negara,” sebut Gubernur.

Baca juga:  Wakil Bupati Ajak Partai Politik Bersinergi Bangun Kabupaten Bekasi

Untuk itu, Kang Emil mengajak para wakil kepala daerah yang hadir agar mengurangi pertengkaran dan berfokus pada ekonomi kompetitif.

“Yuk, kita kawal Indonesia adidaya 2045, kurangi pertengkaran, fokus pada ekonomi kompetitif, dan untuk SDM anak mudanya pastikan sehat dan produktif,” pungkasnya.