by

Ridwan Kamil Pemimpin Inovatif Indonesia Award 2021

Seputarnews.com /JAKARTA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meraih penghargaan sebagai figur pemimpin daerah inovatif di masa krisis pandemi COVID-19 dengan kategori Economic Recovery pada ajang Indonesia Award 2021.

Piala penghargaan diserahkan oleh Wakil Menteri Kesehatan Dante Saksono Harbuwono di Concert Hall Inews Tower Jakarta, Rabu (24/11/2021).

Sejumlah kebijakan dan inovasi Ridwan Kamil dalam upaya pemulihan ekonomi dinilai berhasil membangkitkan ekonomi masyarakat yang sempat terpuruk akibat pandemi.

Kang Emil sapaan akrabnya menuturkan, kunci keberhasilan menggairahkan perekonomian Jabar salah satunya adalah perputaran ekonomi di sektor pariwisata. Memiliki banyak destinasi wisata hampir merata di tiap daerah, pariwisata Jabar lebih mengandalkan kunjungan wisatawan domestik ketimbang mancanegara.

Dengan begitu, kendati pandemi destinasi pariwisata masih bisa dikunjungi dengan tetap mengendepankan keamanan pengunjung. “Itulah yang membuat Jabar pemulihan ekonominya tercepat melalui inovasi-inovasi di sektor pariwisata,” ujar Kang Emil.

Ia menyebut, setiap tahun Jabar dikunjungi hampir 50 juta wisatawan. Bila satu wisatawan belanja sebesar Rp1 juta, maka perputaran uang dari sektor wisata per tahun mencapai Rp50 triliun.

“Ini kan membangkitkan ekonomi ke pelosok-pelosok, karena Jabar dikunjungi wisatawan sekitar 50 juta orang, jadi kalau satu orang belanja satu juta sudah Rp50 triliun perputaran ekonomi pariwisata,” tuturnya.

Kang Emil mengaku dalam bekerja ia tidak mengharapkan diberi penghargaan. Melainkan karena kewajiban dan kemuliaan.

“Saya punya prinsip hidup kerja itu tidak untuk cari pujian tapi karena kewajiban dan kemuliaan,” ucapnya.

Penghargaan, menurut Kang Emil, hanyalah pelecut motivasi untuk bekerja lebih baik lagi. Ia mendedikasikan penghargaan tersebut untuk semua pihak dan masyarakat Jabar yang telah berkontribusi dalam upaya pemulihan ekonomi.