by

Ridwan Kamil: Diharapkan Tarung Derajat Dapat Masuk Kompetisi Olahraga Bertaraf Internasional

Seputarnews.com /KOTA BANDUNG — Sebanyak 18 Kepala Dinas dan Kepala Biro di lingkungan Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat mengisi kepengurusan Keluarga Olahraga Tarung Derajat Jabar. Diharapkan cabang olahraga bela diri ini semakin berkembang sampai pelosok desa, dan masuk dalam event olahraga bertaraf internasional.

Yerry Yanuar yang merupakan Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jabar dipercaya menjadi ketua Pengprov Kodrat Jabar untuk masa bakti 2021-2025 setelah dilantik oleh Ketua PB Kodrat Bambang Soesatyo, di Kota Bandung, Sabtu (5/3/2022).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil yang turut hadir pada pelantikan tersebut mengaku mengizinkan para kabinetnya menjadi Pengurus Kodrat Jabar. Tujuannya agar cabang olahraga Bela Diri Tarung Derajat semakin maju dan berkembang sampai pelosok desa.

“Ini pentingnya Kodrat dalam membangun kemasyarakatan khususnya Tarung Derajat. Itulah mengapa saya mengizinkan para kepala dinas saya gabung di Kodrat,” ujar Gubernur.

Kang Emil, sapaan akrabnya, meminta kepercayaan tersebut dijadikan tantangan bagi para kepala dinas dan biro dalam memajukan olahraga Bela Diri Tarung Derajat. Misalnya dalam ranah pendidikan, kepala dinas pendidikan yang saat ini menjadi Pengurus Kodrat Jabar bisa mengembangkan Bela Diri Tarung Derajat di sekolah-sekolah melalui kegiatan ekstrakurikuler.

“Ini menjadi tantangan untuk mengembangkan ke desa-desa, maupun sekolah-sekolah oleh Kadisdik,” harap Kang Emil.

Sejak resmi menjadi anggota KONI pada 1997, Tarung Derajat yang diciptakan oleh Sang Guru Achmad Dradjat atau akrab dipanggil Aa Boxer melahirkan kepengurusan bernama PB Kodrat (Pengurus Besar Keluarga Olahraga Tarung Derajat).

Sejak itu Tarung Derajat dipertandingkan dalam Pekan Olahraga Nasional (PON). Adapun Pengurus Provinsi Kodrat pada 2021 sudah ada di 21 provinsi di Indonesia termasuk Jabar.

Baca juga:  Cegah Korupsi, Seluruh Kabupaten/Kota di Jabar Didorong Tingkatkan Pengawasan

Dibawah kepemimpinan PB Kodrat yang juga Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Kang Emil berharap Tarung Derajat semakin mendunia, dan bisa disertakan dalam event olahraga bertaraf internasional.

“Mudah-mudahan dibawah kepemimpinan Pak Bamsoet bisa mendunia lebih banyak. Kami dukung dari Jabar agar Tarung Derajat ini suatu hari bisa berkembang di seluruh dunia,” pungkas Kang Emil.