by

Ridwan Kamil Apresiasi Bank BJB Raup Laba Bersih Masa Pandemi COVID-19

Seputarnews.com/ KOTA BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengapresiasi capaian kinerja bisnis positif PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Banten Tbk yang berhasil meraup laba bersih di Tahun Buku 2021.

Gubernur mengemukakan hal itu dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) Tahun Buku 2021 PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat Banten Tbk (bjb) di Grand Ballroom Trans Luxury Hotel, Kota Bandung, Rabu (30/3/2022).

“Saya mengapresiasi kinerja bisnis positif bjb yang mampu meraup laba bersih hampir 20 persen, dan kredit tumbuh 7,11 persen,” kata Ridwan Kamil.

“Capaian ini membanggakan. Di masa pandemi banyak bank profitnya turun, tapi profit bjb naik. Ini menjadikan bjb sebagai bank daerah terbaik se-Indonesia,” ujarnya.

Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil, menyebut, bjb membukukan laba bersih tahun 2021 sekitar Rp2,02 triliun, naik 19,4 persen dari tahun sebelumnya.

Capaian kinerja bisnis positif tersebut juga membuat total aset yang dimiliki bjb naik 12,36 persen atau sebesar Rp158,36 triliun.

Pada kesempatan yang sama, Kang Emil mengingatkan disrupsi pandemi COVID-19 yang mesti direspons oleh bjb.

Salah satunya mengenai disrupsi pemanasan global akan banyak investor yang merujuk pada sektor ekonomi hijau berbasis pada pembangkit listrik tenaga surya, tenaga angin, dan panas bumi.

“Bisnis bjb perlu merespons disrupsi yang terjadi selama pandemi. Pertama adalah disrupsi global warming. Bakal ada proyek _green economy_5 dengan banyak investor membangun pembangkit listrik berbasis tenaga surya dan tenaga angin di Indonesia, khususnya Jawa Barat,” ungkap Kang Emil.

“Pabrik-pabrik listrik akan hadir, salah satunya mobil listrik. Disrupsi akan berlangsung sampai

2050,” tuturnya.

Selain itu, Kang Emil mengingatkan pula pentingnya bantuan akses digital dalam kemudahan kredit untuk UMKM agar percepatan pembangunan ekonomi di Jabar bisa tercapai dengan maksimal.

Baca juga:  Wali Kota Bandung Minta Optimalisasi Kanal Media Sosial

“Bantu juga akses digiltal untuk kemudahan kredit kepada UMKM,” ujarnya.

Kang Emil juga menyinggung mengenai disrupsi kesehatan, dan ia sudah mempersiapkan  infrastruktur kesehatan di Jabar.

“Saya sudah membuat visi untuk Jawa Barat akan banyak pembangunan klinik-klinik, dan rumah sakit,” pungkasnya.