by

Resmikan Buricak Burinong, Ridwan Kamil: Tanda Jatigede Akan Dikembangkan Jadi Wisata Internasional

Seputarnews.com  /KABUPATEN SUMEDANG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan tempat wisata Buricak Burinong di Kawasan Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang, Selasa (26/4/2022).

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– menuturkan, peresmian tersebut dapat menjadi tanda bahwa Kawasan Waduk Jatigede akan dikembangkan sebagai destinasi wisata kelas internasional.

“Kami meresmikan fasilitas pariwisata Jatigede, yaitu Kampung Buricak Burinong. Ada forest walk-nya, ada kulinernya, ada pariwisatanya.
Ini menandakan Jatigede ini di masa depan akan menjadi wilayah yang akan dikembangkan sebagai wisata international,” ucapnya.

Buricak Burinong berada di Desa Pakualam, Darmaraja, Sumedang. Buricak Burinong sendiri dalam Bahasa Sunda menggambarkan suasana yang menarik dengan tampilan penuh warna-warni dan memanjakan mata.

Pemandangan dari Buricak Burinong pun sangat memesona. Selain keindahan alam, kemegahan Masjid Al-Kamil terlihat dari Buricak Burinong. Nantinya, ada juga Menara Kujang Sapasang yang bakal menjadi kebanggaan masyarakat Sumedang.

“Yang paling istimewa kelihatan dari sini, Masjid Al-Kamil sudah selesai. Menara Kujang Sapasang akhir tahun juga akan selesai. Mudah-mudahan itu menjadi kebanggaan,” kata Kang Emil.

“Dengan kolaborasi yang baik, Pemda Provinsi Jabar selalu mendukung kesejahteraan rakyat Sumedang semakin meningkat,” ucap Kang Emil.

Selepas peresmian Buricak Burinong, Kang Emil meninjau langsung progres pembangunan konstruksi Menara Kujang Sapasang serta jembatan yang akan menjadi ikon Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang.

Pemda Provinsi Jabar pun mengimbau masyarakat yang ingin berpergian untuk menjadi wisatawan yang bertanggung jawab dengan menerapkan protokol kesehatan, serta pastikan sudah tervaksinasi dengan lengkap.

Baca juga:  Taufik Hidayat (Fraksi Gerindra Persatuan) Resmi Menjabat Ketua DPRD Provinsi Jawa Barat 2019-2024.