by

Rapat Kepengurusan DPP-RJN, Membahas Pentingnya Profesional Kerja Jurnalis Dan Kegiatan Bakti Sosial

Seputarnews.com / Jakarta – Rapat Penyusunan Kekosongan struktur Dewan Pengurus Pusat Ruang Jurnalis Nusantara DPP-RJN di laksanakan di kantor Sekretariat DPP-RJN di Jakarta Barat Jl. Raya Pejagalan, Komplek Ruko 62 Blok B Nomor 3A Pekojan Kota Administrasi Jakarta Barat Jum’at (25/3/2022) Jam 15-00 WIB.

Acara tersebut dipimpin langsungย Ketua Umum Ruang Jurnalis Nusantara Arfendy diawali dengan Kata sambutan Sekretaris Jenderal TB. Sa’aduddin, Mansur, SH.MM. Mendengarkan arahan Dewan Penasehat, Tanya Jawab, dan di tutup dengan doa, acara dengan khitmad dan tertib sesuai dengan apa yang diharapkan.

Turut hadir dalam Rapat program kerja beberapa tokoh Jurnalis Senior diantaranya Panji Yuriย dan Anthoni sebagai Penasehat, Pengurus DPD-RJN Provinsi Banten, Hisar Pardomuan DPC-RJN Bekasi raya dan pengurus lainnya.

Rapat ini membahas mengenai menyambut Bulan Suci Ramdhan 2022 penunjukan beberapa Posisi.

Untuk panitia pelaksana Bakti sosial, Rapat penunjukan beberapa Posisi kosong dalam kepengurusan DPP yang harus segera ditempati dikarnakan dalam waktu dekat Ruang Jurnalis Nusantara (DPP) akan melakukan review pengurusan tersebut.

DPP-RJN akan Audensiย Pemprov Provinsi lain danย beberapa Kabupaten/Kota Diantaranya Pemerintah Jawa Tengah, Kota Kalimantan Timur.

Dalam Kata sambutannya, Ketua Umum Ruang Jurnalis Nusantara Arfendy menjelaskan pada dasarnya kita bentuk RJN ini sebagai wadah profesi wartawan yang ada di daerah seluruh Indonesia, yang tujuan utamanya untuk mempersatukan wartawan di daerah dengan azas Kekeluargaan dan persaudaraan, sesuai dengan visi dan misinya, Jelasnya.

Di Tambakanya sedangkan untukย  Visi dan Misi Ruang Jurnalis Nusantara sebagai wadah profesi komunikasi Wartawan yang ada di Daerah diseluruh Indonesia, Wadah untuk bertukar Pendapat dalam Bidang Profesi yang kita geluti sekarang ini.

โ€œSemoga denganย melaksanakan Rapat Pengurus Dewan Pimpinan Pusat pada hari ini, bisa melaksanakan fungsi dan dan tugasnya masing-masing,Tampa kita sadari Ruang Jurnalis Nusantara Daerah Indonesia, sudah memiliki Beberapa DPD di beberapa Provinsi diantaranya, Kepulauan Kalimantan dan Riau, maka dari itu, saya berharap kita bisa bersama-sama, bahu-membahu untuk membesarkan Ruang Jurnalis Nusantara, Harap Ketua Umum RJN, sesuai dengan Visi dan Misi juga Tujuan terbentuknya Ruang Jurnalis Nusantara (RJN) iniโ€.

Baca juga:  Gub Jabar Ridwan Kamil Luncurkan Jabar Super Apps

Bertempat yang sama Penasehat Ruang Jurnalis Nusantara,
Sekretaris Jenderal TB. Sa’aduddin, Mansur, SH.MM Menjelaskanย kepada Seluruh Anggota DPPย Ruang Jurnalis Nusantara (RJN), dalam kata sambutnya.โ€œSeluruh pengurus harus bangga, Karena RJN kita ini adalah RJN yang besar dan tingkat Nasional, karena sudah ada kepengurusan di beberapa provinsi, oleh karena itu kita harus benar-benar bekerja secara bersamaan-sama untuk membawa nama RJN sampai terdengar sampai seluruh Indonesia,karena mana forum ini membawa nama daerah tetapi kita adalah pengurus pusat, jadi kita adalah tumpuhan atau acuan bagi setiap DPD, DPC dan seterusnya,yang ada di wilayah Indonesia โ€ ujar Arfendy dalam sumbutanya.

Adapun kesimpulan mengenai tujuan dan arti lambang Ruang Jurnalis Nusantara adalah sebagai berikut :

Arti dari bentuk lambang Ruang Jurnalis Nusantara

Pena: melambangkan alat/senjata profesi jurnalis

Lembar surat kabar : melambangkan saran dan aspirasi

Padi dan kapas: Melambangkan kesejahteraan dan kedamaian

Lingkaran bulat: melambangkan persatuan dan kesatuan

Arti lambang dalam warna

Kuning emas: melambangkan kemuliaan

Hitam: Melambangkan setia sampai mati

Kuning: Melambangkan keagungan

Merah: Melambangkan keberanian

Putih: melambangkan kesucian

Hijau: melambangkan kesuburan

Tujuan forum wartawan daerah Indonesia adalah Mewujudkan cita cita kemerdekaan pers Pancasila yang bebas dan bertanggung jawab

Perlindungan Hak Azasi dan Hukum kepada Insan Pers Nasional benar-benar terjamin.

Melanjutkan dan meneruskan perjuangan Insan Jurnalis/Pers Indonesia untuk mendukung pembangunan Nasional yang berkesinambungan.

Mewujudkan serta menjamin kesejahteraan sosial Insan Jurnalis dan keluarganya.

Membantu mencerdaskan masyarakat dan media sebagai alat untuk penerangan.

Meningkatkan karya jurnalis
Membantu melakukan pendidikan Jurnalistik kepada anggotanya untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidangnya secara Profesional dalam menyongsong Era Globalisasi.

Sebagai penyampai aspirasi masyarakat kepada pemerintah dan sebaliknya.

Baca juga:  Jabar Peringati Hari Laut Sedunia

Sebagai polisi kontrol dan sosial kontrol bagi pemerintah dan masyarakat.(Dewi)*