by

PON XX PAPUA 2021 Gub Jabar Apresiasi TNI dan Polri

Seputarnews.com /KOTA BANDUNG — Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengapresiasi TNI dan Polri yang berkontribusi besar mendukung pelaksanaan dan kelancaran Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua 2021.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– pun mengucapkan terima kasih kepada TNI yang sudah memfasilitasi Kontigen PON Jabar penginapan selama berada di Papua.

“Khusus dari kacamata Jawa Barat, saya mengucapkan terima kasih karena kontingen Jawa Barat ini justru menginapnya di markas TNI, bukan di hotel. Menginapnya di Yonif 751 Papua,” kata Kang Emil dalam jumpa pers virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Senin (18/10/2021).

“Karena kita ada di fasilitas TNI, kita terjamin air, terjamin makanan dan juga keamanan. Ini yang membuat atlet-atlet Jawa Barat tenang sehingga pikirannya full pada pertandingan. Inilah strategi yang membuat kita berhasil,” tambahnya.

Menurut Kang Emil, secara umum, keberadaan TNI dan Polri dalam menjaga keamanan selama pelaksanaan PON XX Papua 2021 sangat luar biasa. Arahan dari Panglima dan Kapolri pun sangat luar biasa.

“Sebenarnya kapasitas di stadion hanya 25 persen dengan duduk diatur dengan berjarak-jarak, tapi kalau dilihat dari angle video dan foto seolah-olah ramai. Tapi kalau lihat jumlah undangan dan persyaratan itu hanya 23 persen kapasitas dari yang disediakan,” ucapnya.

Kang Emil menilai, pelaksanaan PON XX Papua 2021 berjalan dengan baik.

“Dan saya menyaksikan sendiri secara umum pelaksanaan PON XX Papua 2021 sangat baik, memang ada penularan COVID, tetapi tidak signifikan terhadap keseluruhan,” katanya.

“Jadi secara umum itu sangat baik. Bahkan Wapres Ma’ruf Amin menyebutnya, di tengah kesulitan, di tengah COVID, dengan segala sesuatu Papua berhasil menunjukkan perhelatannya secara sempurna,” tambahnya.

Baca juga:  Wagub Jabar Minta Kepala Daerah Berinovasi dalam Penanganan Sampah

Kang Emil berharap raihan di PON XX Papua 2021, yang nama Jawa Barat menjadi Juara Umum, menjadi penguat untuk terwujudnya visi misi Jabar Juara Lahir Batin.

“Mudah-mudahan ini menguatkan semangat kita khususnya untuk Jawa Barat Juara Lahir Batin. Mohon doanya, kita sedang ada perhelatan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) di Maluku Utara, mudah-mudah Jawa Barat juara juga, sehingga kita lengkap Juara Lahir Batin,” katanya. *(def)*