by

Peringati HBN ke -73, Sekda Jabar Sampaikan Amanat Presiden RI

Seputarnews.com /KOTA BANDUNG — Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Setiawan Wangsaatmaja menjadi pembina Upacara Peringatan Hari Bela Negara (HBN) ke- 73 tahun 2021 Tingkat Provinsi Jawa Barat, di Halaman Gedung Sate Bandung, Senin (20/12/2021).

Pada kesempatan itu, Sekda Setiawan membacakan sambutan Presiden RI Joko Widodo yang mengamanatkan agar seluruh rakyat Indonesia sebagai bagian dari komponen bangsa untuk bersama-sama menjaga kedaulatan NKRI dengan semangat bela negara.

“Kobaran semangat ini tentu berasal dari seluruh komponen bangsa mulai dari prajurit TNI, polisi, pegawai, petani, pedagang kecil, nelayan, ulama. santri, mahasiswa, pekerja, buruh, dan elemen rakyat yang lainnya,” tutur Setiawan menyampaikan amanat Jokowi.

Untuk itu, Kepala Negara mengajak semua komponen bangsa untuk bersama-sama berbuat yang terbaik bagi bangsa dan negara sesuai dengan peran dan profesi kita masing-masing.

“Sekali lagi, saya mengajak kita semua menjalankan tugas dan tanggung jawab kebangsaaan kita, untuk ikut serta dalam bela negara, di manapun kita berada,” katanya.

“Apapun pendidikan kita, apapun profesi kita, apapun pekerjaan kita, semua punya hak, semua piinya kewajiban dan semua punya kesempatan yang sama untuk bela negara,” ucap dia.

Pun sesuai tema peringatan Hari Bela Negara Tahun 2021, yakni ‘Semangat Bela Negaraku, Indonesia Tangguh, Indonesia Tumbuh,’ mengisyaratkan agar sikap rela berkorban demi bangsa dan negara patut diimplementasikan bersama untuk berjuang pantang menyerah menuju Indonesia maju.

Apalagi menghadapi dampak dari Pandemi COVID-19, diketahui bahwa krisis akibat pandemi harus dihadapi dengan tepat, baik secara fisik dan non- fisik.

Maka ketabahan, kesabaran, ketahanan, kebersamaan, kepandaian dan kecepatan semua diuji sekaligus diasah. “Tantangan yang kita hadapi tidak mudah, situasi seperti ini perlu daya juang agar melewati masa sulit ini,” katanya.

Lebih lanjut, Presiden menyebut bahwa saat ini semua negara tengah berlomba jadi memang dalam melawan COVID-19 baik dari segi pengendalian virus baik maupun dalam pemulihan ekonomi negaranya.

Maka sebagai bangsa yang besar Indonesia harus tampil sebagai pemenang. Sehingga perlu dikedepankan rasa optimis dengan menghadirkan inovasi dan karya nyata.

“Tidak boleh berhenti berkreasi berinovasi di tengah- tengah pandemi COVID-19. Kita harus membuktikan ketangguhan kita, kita harus menangkan masa depan kita, dan kita wujudkan cita- cita luhur para pendiri bangsa dengan semangat bela negara,” tutur dia.

“Bela negara adalah tekad, sikap, perilaku, serta tindakan warga negara baik perseorang maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara, keutuhan wilayah, serta keselamatan bangsa dan negara yang dijiwai kecintaan terhadap NKRI,” katanya.

“Nilai- nilai bela negara tersebut adalah cinta- tanah air, sadar berbangsa dan bernegara, setia pada Pancasila sebagai ideologi negara, rela berkorban untuk bangsa dan negara, serta kemampuan awal bela negara, implementasi lima nilai dasar bela negara inilah yang harus terus dikembangkan dalam setiap kesempatan,” tutupnya.

News Feed