by

Peringatan Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-34 Tingkat Jabar Berlangsung Meriah

Seputar News/

BANDUNG — Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) memperingati Hari Olah Raga Nasional (Haornas) ke-34 di Gedung Youth Center, Gor Arcamanik, Bandung, Senin (11/09/17) siang. Gedung Youth Center yang berkapasitas 5000 orang pun dipadati oleh para insan olahraga Jabar.


Peringatan Haornas dihadiri oleh sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) Provinsi Jabar, Komite Olahraga Nasional (Koni) kabupaten/kota, Koni Jabar, National Paralympic Indonesia (NPCI) Jabar, Ikatan Guru Olah Raga (Igora) Jabar, dan organisasi olah raga masyarakat lainnya. Sejumlah atlet Jabar, baik atlet pelajar, Koni, maupun NPCI juga turut memeriahkan Haornas tingkat Provinsi Jabar. 


Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Provinsi Jawa Barat, Yudha M. Saputra membuka acara dengan melaporkan beberapa perkembangan olah raga di Jabar, yakni memberi ucapan selamat kepada Gubernur Jabar Ahmad Heryawan (Aher) yang terpilih sebagai tokoh olah raga nasional 2017, sarana prasarana (sarpras) olah raga yang akan diresmikan, dan  kontingen Jabar yang akan bertanding pada pekan olah raga pelajar nasional (Popnas) XIV tahun 2017 di Jawa Tengah yang telah dilaksanakan pada 10 September lalu.


“Haornas ke-34 tahun ini, berada dalam suasana istimewa karena Gubernur Jabar Aher telah memperoleh penghargaan sebagai pembina olah raga terbaik tingkat nasional. Selama Jabar berdiri, baru saat inilah Gubernur Jabar memperoleh penghargaan dari Pemerintah RI sebagai tokoh olah raga nasional,” pungkasnya dalam acara Haornas ke -34 di Gedung Youth Center, Gor Arcamanik, Bandung, pada hari Senin (11/09/17) siang. 


Acara dilanjutkan dengan pemberian penghargaan kepada insan olahraga Jabar yang terdiri dari 5 olahragawan, 1 wasit , 1 juri , dan 4 pelatih berprestasi masing-masing mendapat Rp.34 juta. Sementara 1 tenaga keolahragaan, 1 ilmuan olahraga, 1 pembina olah raga, 1 organisasi olah raga, dan 1 wartawan olah raga terbaik mendapat Rp. 25 juta. Sebanyak 14 mantan atlet dan dua atlet peraih medali emas cabang olahraga (cabor) Judo Kelas 73 kg dan pencak silat pada Sea Games ke-24 tahun 2017 asal Jabar mendapat masing-masing Rp.34 juta. Sekitar Rp. 1 milyar lebih, Gubernur Jabar memberi apresiasi kepada para insan olahraga Jabar yang membanggakan.


Haornas ke-34 juga menjadi momentum pelepasan 335 atlet pelajar, 62 pelatih, 26 paramedis, dan 41 official yang akan berjuang pada Popnas XIV di Jateng. Prosesi pelepasan dilakukan oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Koesmayadie Tatang yang ditandai dengan pemakaian jaket kontingen dan penyerahan bendera Jawa Barat kepada 2 perwakilan atlet pelajar. 


Di sela-sela acara, tamu undangan disuguhi video menarik mengenai pembangunan olah raga di Jabar pada era Gubernur Jabar Ahmad Heryawan dan video profile Sentra Pembinaan Olahraga Terpadu (SPOrT) Jabar Arcamanik. Lagu mars patriot olahraga pun dikumandangkan dengan khidmat sebagai penutup acara pokok.


Apabila di awal acara penonton telah disemangati dengan senam bersama dari Federasi Olahraga Masyarakat Indonesia (Formi) Jabar, penutupan acara pun tidak kalah meriah. Penonton disuguhi penampilan olahraga tradisional bencang dan tari-tarian kolaborasi olahraga beladiri.