by

PEPARNAS PAPUA 2021 Ditutup, Jabar Juara Dua dengan Membanggakan

Seputarnews.com /JAYAPURA – Jawa Barat juara kedua Pekan Paralimpik Nasional dengan 102 emas, 88 perak dan 73 perunggu. Jabar berhasil mengumpulkan total 263 medali.

Jabar hanya kalah dari Provinsi Papua yang menyabet predikat sebagai juara umum Peparnas dengan raihan 126 emas, 85 perak dan 86 perunggu.

Meskipun belum berhasil menyandingkan gelar juara umum PON dan Peparnas seperti pada event 2016 di Bandung, namun prestasi ini membanggakan. Di tengah badai COVID-19 Jabar masih bisa berprestasi di ajang olahraga nasional paling bergengsi.

Peparnas Papua 2021 sendiri resmi ditutup Presiden Joko Widodo di Stadion Mandala, Jayapura, Papua, Sabtu (13/11/2021).

Bunda Angkat Besi National Paralimpik Committee Indonesia (NPCI) Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil menghadiri acara penutupan dengan rasa bangga dan haru.

Pada siang harinya jelang penutupan, Atalia bilang raihan medali Jabar tidak terlepas dari kerja keras semua pihak. Termasuk juga doa dan dukungan dari masyarakat Jawa Barat.

Atalia berharap prestasi dari para atlet peparnas ini bisa menjadi inspirasi bagi masyarakat. Meskipun dengan keterbatasan namun tetap bisa meraih presatsi yang membanggakan.

“Paling penting dari olahraga kita memberikan inspirasi bagi semua orang. Bahwa tidak boleh ada hambatan-hambatan apapun untuk meraih cita-cita,” kata Atalia.

Sementara itu, Ketua Kontingen Jawa Barat Dedi Supandi mengapresiasi para atlet Peparnas asal Jawa Barat yang sudah berjuang.

“Semangatnya sudah bagus, kita lihat sebetulnya ada beberapa atlet kita yang atletnya baru masih sifatnya regenerasi atlet dahulu sudah masuk pelatnas jadi tidak diperbolehkan lagi masuk di beberapa pertandingan. Atlet-atlet baru ini bagian dari pola pembinaan NCPI,” kata Dedi.

Ditutup

PEPARNAS Papua ditutup Presiden Joko Widodo dengan penyerahan tongkat estafet kepada tuan rumah Peparnas selanjutnya yakni Sumatera Utara dan Aceh akan eventnya akan dihelat 2024.

Baca juga:  Ketua Komisi I DPRD Prov. Jabar di Kota Bogor

“Dengan mengucap syukur kehadiran Tuhan YME dengan mengucap alhahmdulilah malam hari ini Pekan Paralimpik Nasional XVI Papua 2021 secara resmi saya tutup. Sampai berjumpa di Sumatera Utara dan Aceh,” ujar Presiden.

Dalam sambutannya, Presiden memuji penyelenggaraan Peparnas di Papua. Kesuksesan penyelanggaraan ini tidak terlepas dari dukungan semua pihak.

L

“Kinerja tuan rumah Provinsi Papua luar biasa. Penyelenggaraan PON dan Peparnas luar biasa, dukungan delegasi semua provinsi luar biasa dan yang saya lihat sportivitas dan prestasi para atlet juga luar biasa,” kata Presiden.

“Secara khusus saya juga mengucapkan selamat kepada Provinsi Papua atas semua prestasinya. Di Peparnas ini Provinsi Papua juara umum, meraih medali terbanyak dan selamat kepada Papua telah sukses sebagai tuan rumah PON dan Peparnas. Selamat kepada para atlet, utamanya sekali lagi atlet Papua yang telah menunjukkan prestasinya. Kesimpulannya bukan hanya torang bisa, tetapi torang hebat,” ucap Joko Widodo.

Menurut Jokowi, Peparnas Papua 2021 juga mengandung banyak pesan di dalamnya. Salah satunya adalah halangan dan kesulitan bukan sebuah masalah untuk meraih kesuksesan.

“Dengan konsistensi dan kerja keras segala kesulitan bisa kita atasi, bahkan berbagai prestasi bisa kita raih,” katanya.

 Selain itu, event Peparnas juga sebagai titik kebangkitan olahraga. Sekaligus juga event untuk merayakan keberagaman yang ada di Indonesia.

“Melalui PON dan Peparnas di Papua ini kita juga menunjukkan kebangkitan besar olahraga nasional kita. kita juga merayakan keberagaman, kita juga menghormati kesetaraan dan bersama-sama kita meraih prestasi yang mengharumkan bangsa dan negara,” kata Jokowi.