by

Pemprov Jabar Terus Mengkuatkan dan Kembangkan Potensi Sport Tourism

Seputarnews.com / KOTA BANDUNG — Penyelenggaraan Pocari Sweat Run Indonesia 2022, selain menguatkan potensi sport tourism di Jawa Barat, memantik kegiatan olahraga lainnya untuk dapat dihelat di Jabar dan menyedot perhatian banyak masyarakat luas. Pemda Provinsi Jabar sendiri telah memiliki agenda olahraga massa pada tahun ini.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengatakan, pihaknya telah menyiapkan event-event olahraga lainnya di beberapa daerah di Jabar. Di antaranya, West Java Marathon di Pangandaran. Kemudian, bersama salah satu media nasional, pihaknya akan menggelar Tour The West Java di Jabar Selatan, dan outdoor trail di Pangalengan Kabupaten Bandung.

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– mengemukakan, penyelenggaraan lari marathon di kawasan Gedung Sate saat itu dapat dijadikan referensi penyelenggaraan untuk event-event olahraga lainnya di Jabar.

“(Pocari Sweat Run 2022) Ini ‘kan contoh manajemen yang terbaiknya semua jadi. Saya berharap standar penyelenggaraan ini dapat di-copy di mana-mana dengan segala levelnya,” ucap Kang Emil di sela Pocari Sweat Indonesia Run 2022, Minggu (24/7/2022).

Kang Emil semakin yakin penyelenggaraan olahraga wisata atau sport tourism di Jabar akan semakin berkembang, terlebih dengan daya tarik alam dan sosial-budaya di Jabar.

“Harusnya itu akan membuat kualitas sport tourism di Jawa Barat menjadi juara. Kita punya semuanya untuk menjadi yang terbaik di sport tourism ini,” ucapnya.

Di sisi lain, kata Kang Emil, event olahraga tersebut akan membangkitkan perekonomian masyarakat di tengah pandemi COVID-19. Ia juga mencontohkan, untuk sepanjang event otomotif saja, potensi perputaran transaksinya mencapai triliunan rupiah.

“Event ini misalnya, orang menginap di hotel dari Jumat, kemudian jajan juga di Kota Bandung bisa dibayangkan berapa jumlah perputaran ekonominya,” tuturnya.

Baca juga:  Gub Jabar Tinjau Apartemen Ayam di Kab. Bandung

Dengan dampak positif tersebut, pihaknya akan mendukung perkembangan sport tourism di Jabar dengan menjaga citra Jabar sebagai provinsi terbaik urusan olahraga. (Tya)*