by

Pemda Provinsi Jabar Perbaiki 2.400 Rutilahu di Garut

Seputarnews.com /KABUPATEN GARUT — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengunjungi beberapa titik Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) yang telah rampung diperbaiki di Desa Cibunar, Kecamatan Tarogong, Kabupaten Garut, Minggu (23/1/2022).

Untuk Garut sekitar 2.400 rumah pada tahun 2021 telah dibantu diperbaiki. Kang Emil berharap melalui program ini bisa memberikan kebermanfaatan secara langsung bagi masyarakat Garut khususnya.

“Di Garut ada 2.400-an pada tahun lalu yang kita bantu. Insyaallah kita bantu lagi di tahun ini. Mudah-mudahan terasa langsung oleh masyarakat dari rakyat uangnya kembali ke rakyat,” sebut Gubernur.

Program perbaikan rutilahu merupakan komitmen Pemda Provinsi Jawa Barat dalam menyejahterakan warga. Hingga saat ini menurut kang Emil sapaan Ridwan Kamil sudah 38.290 rumah tidak layak huni (rutilahu) di 1.232 desa dan kelurahan yang tersebar di 27 kabupaten/kota sepanjang tahun 2021.

Gubernur menjelaskan bahwa pemilihan rumah yang diperbaiki merupakan hasil aspirasi dari tingkat RT/RW yang diseleksi menyesuaikan dengan kebutuhan paling mendesak.

“Proses pemilihan merupakan aspirasi dari bawah, untuk itu silakan ajukan kepada kepala desa (atau lurah) lewat RT/RW nanti diseleksi sesuai jatahnya, kalau belum dapat mohon bersabar menunggu di tahun berikutnya,” jelasnya.

Gubernur menyebut program ini merupakan rasa sayang Pemda Provinsi Jawa Barat terhadap warganya yang bisa menjadi kabar bahagia selama pandemi COVID-19. Menurut Gubernur, setiap tahun Pemda Provinsi Jabar selalu menganggarkan dana untuk rutilahu. Namun dikarenakan pandemi COVID-19, Jabar mengalami sedikit kendala dari segi jumlah dana.

Baca juga:  DPRD Prov Jabar Berikan ย Bantuan Alat Perlindungan Diri (APD) Ke RSUD Cibabat