by

Pak Uu Dorong Desa Juara Tularkan Keberhasilan ke Desa Lain

Seputarnews.com /KAB. BANDUNG — Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mendorong desa yang sudah maju dan memiliki kemandirian ekonomi untuk menularkan keberhasilannya ke desa-desa di sekitarnya.

Hal itu dikatakan Pak Uu –sapaan Wagub Jabar– saat meninjau BUMDes Niagara di Desa Wangisagara, Kecamatan Majalaya, Kabupaten Bandung, Jumat (12/11/2021).

“Martabat masyarakat desa meningkat, kalau ekonominya hebat, kalau pendidikan dan kesehatannya juga hebat,” kata Pak Uu.

Selain itu, Pak Uu pun menuturkan bahwa Pemda Provinsi Jabar terus berupaya meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat perdesaan melalui Desa Juara. Desa Juara sendiri memiliki beberapa program turunan seperti One Village One Company (OVOC) dan Desa Digital.

“Saya ke sini karena memang desa di sini BUMDes-nya luar biasa. Di mana ini bisa ditiru oleh desa- desa yang lain,” ucapnya.

“Kehebatan desa ini harus juga berkolaborasi dengan desa tetangga. Saya menyampaikan ke kepala desa, agar desa sekitar di sini ikut nanam saham di desa ini, tetapi harus diperhitungkan dengan matang, dilihat prospeknya dan dilihat akan ada perluasan dalam bidang apa,” imbuhnya.

BUMDes Niagara, misalnya, telah melebarkan sayap bisnisnya mulai dari pengelolaan pasar tradisional, koperasi simpan pinjam, jual beli produk kerajinan, hingga pengelolaan sarana olahraga dan tempat wisata.

“Harapan, desa ini kemajuannya bisa merambat ke desa-desa tetangga, minimal satu kecamatan. Ujungnya Desa Juara di Kecamatan Majalaya bukan hanya di sini,” kata Pak Uu.

Baca juga:  Gub Jabar Ridwan Kamil Terima Kunjungan Kehormatan Dubes Tiongkok