by

Lantik Pengurus IKAPTK Jabar, Ridwan Kamil: Seragamkan Tujuan Pembangunan Demi Jabar Juara

Seputarnews. com / KOTA BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik dan mengukuhkan pengurus Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Jabar masa bakti 2022-2027 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (27/6/2022).

Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat melantik dan mengukuhkan pengurus Ikatan Keluarga Alumni Pendidikan Tinggi Kepamongprajaan (IKAPTK) Provinsi Jabar masa bakti 2022-2027 di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (27/6/2022).

Dalam sambutannya, Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– mengingatkan soal pentingnya kekompakan dan soliditas dalam mewujudkan visi Jabar Juara Lahir dan Batin.

“Selamat bertugas di bawah kepemimpinan yang baru. Ingat, orang Indonesia itu kompak kalau berprestasi, dan orang Indonesia itu kompak kalau berseragam. Jadi, seragamkan isi hati Anda semua, seragamkan pola pikir Anda semua, seragamkan mindset Anda semua, seragamkan tujuan pembangunan semua, seragamkan etos kerja Anda semua, insyaallah dengan keseragaman itu Jabar bisa Juara,” kata Kang Emil.

Selain itu, Kang Emil menjelaskan cara mengukur negara maju. Menurutnya, ada tiga hal. Pertama, Sumber Daya Manusia. Kedua, ekonomi dan infrastruktur. Ketiga, reformasi birokrasi.

“Tolong diingat mengukur negara maju itu ada tiga. Pertama melalui Sumber Daya Manusia. Kedua adalah ekonomi dan infrastrukturnya. Wilayah Jawa Barat bukanlah wilayah yang biasa-biasa saja, ini adalah tempat yang extraordinary. Yang ketiga adalah melalui reformasi birokrasi. Di sinilah, saya titipkan sepertiga negara maju kepada IKAPTK,” ucapnya.

Kang Emil pun berpesan kepada pengurus IKAPTK Provinsi Jabar untuk sama-sama menjaga persatuan NKRI dan Pancasila.

“Saya titipkan fondasi bangsa Indonesia yaitu Pancasila. Tidak boleh ada alumni, tidak boleh ada jaringan lingkungan di IKAPTK, yang justru menjauhi Pancasila, mendegradasi bahkan mencoba untuk mencari ideologi-ideologi baru,” katanya.

Di akhir sambutan, Kang Emil membacakan pantun untuk IKAPTK. “Di Pantai Mandalika menemukan mutiara, dijual lagi di pasar dekat muara, jadilah IKPTK yang juara, agar bisa membawa Jabar semakin juara.”

Baca juga:  Anggota Komisi III DPR RI Harus Memilih Untuk Menentukan Pimpinan KPK