by

Komisi IV DPRD Jabar: Embung Kiarapayung Untuk Kepentingan Masyarakat

Seputarnews.com / KAB. SUMEDANG -Anggota DPRD Provinsi Jawa Barat Achdar Sudrajat dan Kusnadi mengadakan peninjauan pembangunan Embung Kiarapayung pada UPTD PSDA Wilayah Sungai Citarum di Desa Sindangsari, Kecamatan Sukasari, Kabupaten Sumedang, Rabu (23/2/2022).

Pembangunan Embung seluas 1500 meter persegi yang bisa menampung 4500 meter kubik air dan sempat terhenti karena refocusing anggaran akhirnya dilanjutkan di anggaran perubahan tahun 2022 ini.

Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Achdar Sudrajat mengapresiasi kelanjutan pembangunan Embung di Kiarapayung, Kabupaten Sumedang tersebut. Menurut Achdar, terdapat beberapa catatan kepada UPTD PSDA Wilayah Sungai Citarum bahwa Embung tersebut harus di turap (ditembok) agar tidak longsor dan memakai pipanisasi untuk disalurkan ke masyarakat sekitar.

BACA JUGA : Komisi I DPRD Jabar Apresiasi Perhelatan Forum IKU di Bidang Kesbangpol Se Jabar

“Kita dari Komisi IV DPRD Jabar
Achdar Sudrajat mengapresiasi kelanjutan pembangunan embung yang sempat tertunda ini, namun ada beberapa catatan yang harus di perhatikan oleh UPTD PSDA Wilayah Sungai Citarum ini, yaitu nantinya embung harus di turap agar tidak longsong dan penyaluran kepada masyarakat serikat harus memakai pipanisasi,” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat lainnya, Kusnadi mengatakan, posisi pembangunan embung berada di tempat strategis karena bisa mendapatkan air dari mata air yang luar biasa.

“Kusnadi menambahkan tempat Embung mendapatkan air dari mata air yang luar biasa dan bahkan tempat embung ini sangat dekat dengan dimulainya tempat pendakian menuju gunung manglayang, namun memang yang harus diperhatikan adalah akses jalan menuju ke embung serta sarana prasarana pendukung karena kedepannya embung ini selain menghasilkan air untuk masyarakat sekitar juga akan dijadikan tempat wisata,” tambah. Pungkasnya.