by

Komisi II DPRD Jabar : Peran Pelayanan Balai Dapat Menjadi Solusi Penyelesaian Permasalahan Pertanian

Seputarnews.com / KAB. BANDUNG — Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Yunandar Eka Perwira menyatakan, sejumlah permasalahan seperti kelangkaan pupuk dan kesejahteraan petani dapat diselesaikan dengan sejumlah pelayanan yang diberikan oleh balai. Menurut Yunandar, saat ini peran balai dalam memberikan pelayanan dirasakan langsung oleh petani.

Dalam hal tersebut diungkapkan Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Yunandar Eka Perwira, usai Pembahasan Laporan Keterangan Pertanggung Jawaban (LKPJ) Gubernur Tahun 2020 di Kantor Balai Perlindungan Tanaman Pangan dan Hortikultura Ciganitri, Kabupaten Bandung, Selasa (6/4/2021).

“Kita tetap optimis, karena sesungguhnya banyak pelayanan dari Pemprov yang masih bisa dilakukan oleh balai-balai yang pelayanannya dirasakan langsung oleh petani”katanya.

Sementara Yunandar menilai, bahwa sektor pertanian menjadi sektor utama pendorong perekonomian di tengah pandemi covid-19. Sehingga untuk mendorong peningkatan perekonomian, pihaknya akan terus mendorong anggaran sektor pertanian yang sampai saat ini menunjukan laju pertumbuhan ekonomi yang positif.

“Kami akan mendorong anggaran di sektor pertanian untuk bisa naik sampai lima persen dari APBD setiap tahunnya, minimal untuk 2022 dan 2023. Ini akan bisa mendorong perekonomian secara keseluruhan, karena sektor pertanian masih sangat positif laju pertumbuhannya ketika kondisi pandemi sekalipun”pungkasnya.

Baca juga:  Ridwan Kamil: H-5 Arus Mudik Lancar dan Terkendali