by

Kadin Kab Bekasi bersama Elemen Pencipta Lingkungan Hidup Susuri Kali Ciherang

Seputarnews.com /

Peduli dengan pencemaran Kali

KAB. BEKASI- Sejumlah relawan dari berbagai komunitas pencinta lingkungan hidup, seperti Jurpala Indonesia, Kawali, Sebaya, Bambu Foundation dan Gempal melakukan susur sungai di titik 0 (Nol) Kali Ciherang Kabupaten Bekasi Jawa Barat, Sabtu (27/8/2022).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Kamar Dagang dan Industri (KADIN) Kabupaten Bekasi Bidang Pertanian bekerjasama dengan pemerintahan Desa Karangsatu Kecamatan Karang Bahagia, Karang Taruna dan BPD ini dihadiri oleh KTNA, KNPI dan Organisasi Kemasyarakatan lainnya.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Karangsatu, Sarim, menyampaikan acara susur sungai itu didasari bahwa di Kali Ciherang ada saksi sejarah tujuh hulu sungai menjadi satu.

“Tujuh Hulu Sungai menjadi satu di Kali Ciherang ini. Ada kali Kalenderwak, Kalen tengah, Lemahabang, Kalen buntu, Kaliulu, Sasak bangke hingga ke sini Kali Ciherang,” ungkap Sarim.

Maka dari itu, harap Sarim, Pemerintahan Desa Karangsatu bersama masyarakat dan semua pihak untuk dapatnya mendukung acara Titik Nol Kali Ciherang sebagai destinasi wisata.

“Untuk mencapai tujuan tersebut kita harus kompak. Kita kerjasama dengan Pokdarwis, Kadin dan Pemerintah daerah serta semua pihak,” tegas Sarim.

Sementara Ketua Kadin Kabupaten Bekasi, Heri Noviar SE., dengan tegas menyatakan dukungannya terhadap Pemerintahan Desa Karangsatu yang berkeinginan menjadikan Kali Ciherang sebagai destinasi wisata.

“Saya harap Kepala Desa Karangsatu serius memperjuangkan Titik Nol Kali Ciherang ini menjadi destinasi wisata,” ucap langsung Heri Noviar, SE., kepada Kepala Desa Karangsatu, Sarim.

“Kita bantu melalui Kadin dengan program CSR-nya. Koordinasikan dengan wakil ketua Kadin Bidang Pertanian saja. Mudah-mudahan. Nanti kita bantu semaksimal mungkin,” jelas Heri Noviar.

Usai sambutan, acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng oleh Kepala Desa Karangsatu sebagai bukti penghargaan dan kerjasama terhadap semua pihak.

Baca juga:  GUBERNUR JABAR PANTAU ARUS MUDIK LEBARAN 2017 D

Selanjutnya diteruskan dengan penanaman pohon dari berbagai jenis di bantaran Kali Ciherang yang dilakukan oleh Ketua Kadin bersama Kepala Desa Karangsatu beserta Dinas Pertanian Kabupaten Bekasi dan semua pegiat lingkungan yang hadir mengikuti acara tersebut.

Untuk acara Susur Sungai Ciherang disediakan empat buah perahu karet untuk menambah suasana keakraban dengan alam.

Sebagai pamungkas, dilanjutkan pembacaan puisi tentang sungai oleh Udin Bewok.

Untuk diketahui, Udin Bewok adalah seorang seniman kebudayaan Bekasi yang selalu mengajak setiap insan sebagai makhluk yang mulia, agar senantiasa menjaga alam. Serta sungai-sungai yang ada agar dirawat dan dijaga kebersihan airnya. Sehingga jika dirawat akan selalu memberikan manfaat untuk semua umat.