by

Gub Jabar Ungkap Kunci Jabar Menjaga Kondusivitas

Seputarnews.com / KABUPATEN CIANJUR — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkap kunci sukses menjaga kondusivitas dan mencegah konflik sosial di Jabar, yaitu dengan mengedepankan sila ketiga Pancasila dengan melihat perbedaan sebagai rahmat.

Selain itu untuk menyelesaikan permasalahan, masyarakat perlu sering mengadakan forum silaturahim mulai level terkecil yaitu RT. Ini merupakan semangat dari sila keempat Pancasila yang mengedepankan musyawarah.

Demikian disampaikan Gubernur saat memberikan arahan pada kegiatan Binkom Pencegahan Konflik Sosial yang dilakukan secara virtual, Selasa (26/7/2022). Acara tersebut dihadiri oleh 400 elemen masyarakat yang diinisiasi oleh Kodam III/Siliwangi di Graha Manggala Siliwangi Kota Bandung.

“Kondusivitas Jabar harus dengan semangat menjaga Pancasila yang melihat semua perbedaan dengan sila ketiga persatuan serta menyelesaikan permasalahan dengan sila keempat musyawarah,” ujar Ridwan Kamil.

Kang Emil sapaan akrabnya meyakini, bila kedua nilai tersebut dapat dijaga maka Indonesia tidak akan bangkrut seperti Srilanka, perang seperti Ukraina dan pecah seperti Yugoslavia. Sebab penyebab permasalahan ketiga negara tersebut diketahui salah satunya dari konflik sosial.

“Rumus-rumus itulah yang membuat Indonesia tidak akan bangkrut seperti Srilanka, perang seperti Ukraina dan pecah seperti Yugoslavia,” sebut Kang Emil.

Selain itu, katanya, kondusivitas juga akan menunjang tahun emas Indonesia sebagai negara adidaya pada 2045. “Kalau semua yang saya sampaikan ini direnungkan, diresapi kita bisa menjemput tahun emas pada 2045 sebagai negara adidaya,” kata Kang Emil. (Tya)*