by

Gub Jabar Tunggu Gebrakan Kepala Sekolah dan Pengawas Bangun SDM Jabar

Seputarnews.com /KOTA BANDUNG – Gubernur Jawa Barat melantik 480 pegawai negeri sipil (PNS) sebagai pengawas dan kepala sekolah di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (6/12/2021).

Rinciannya 479 PNS untuk jabatan kepala sekolah, serta satu orang untuk mengisi jabatan kepala tata usaha sekolah. Dari 479 kepala sekolah dilantik, 309 di antaranya mutasi dan 170 sisanya merupakan penugasan baru.

Gubernur Ridwan Kamil meminta kepada seluruh PNS yang dilantik untuk segera bekerja dan beradaptasi dengan lingkungan kerja. Gubernur menunggu berbagai inovasi muncul dari PNS yang dilantik.

“Ingat tadi sudah mengucapkan janji dan sumpah, saya tunggu prestasi-prestasinya. Jangan jadi _follower (pengikut)_ tapi harus jadi _leader_ (pemimpin). Harus banyak berinovasi jangan hanya modal mengikuti,” ujar Ridwan Kamil.

Menurut Ridwan Kamil, inovasi adalah kunci dari gempuran disrupsi digital dan indutri 4.0. Perlahan tapi pasti pekerjaan akan ditangani kecerdasan buatan (_artificial intelligence_) sehingga harus jeli memaksimalkan perubahan.

“Kita harus melatih anak-anak menjadi generasi yang paham terhadap revolusi 4.0 dan digital,” kata pria yang kerap disapa Kang Emil.

Kemudian, kata Gubernur, disrupsi yang sedang melanda Indonesia adalah tantangan yang disebabkan oleh pandemi COVID-19. Disrupsi pandemi COVID-19 ini juga mengajarkan bahwa kesehatan merupakan sesuatu yang sangat penting untuk dijaga.

“COVID-19 mengajarkan kita pentingnya menjaga kesehatan diri sendiri, anak murid kita, orang tuanya, sampai lingkungan sekolah dan kita harus menang,” ucap Ridwan Kamil.

“Pandemi memang surut tapi belum selesai oleh karenanya protokol kesehatan sepulang dari sini harus segera dimaksimalkan. Bagaimana anak-anak yang banyak tidak bertemu secara fisik itu mengalami kendala-kendala psikologis yang harus kita selesaikan,” katanya.

Dengan inovasi-inovasi yang dilakukan dan kemampuan cepat, Gubernur ingin SDM bisa kembali menjadi yang terbaik. Setelah pada Pekan Olahraga Nasional Papua beberapa waktu lalu, SDM Jawa Barat di bidang olahraga telah membuktikan diri menjadi yang terbaik di Indonesia.

Baca juga:  Pemerintah Jabar Kalang Kabut Menangani Lonjakan Covid-19 Saat Ini

“Mudah-mudahan SDM Jawa Barat Juara. Jawa Barat sudah juara Indonesia di bidang olahraga di PON Papua, saatnya kita juara di bidang-bidang keilmuan lainya di bidang-bidang spiritualitas lainya, sehingga SDM Jawa Barat insyaallah jadi yang terbaik di Indonesia baik lahir maupun batin,” tutup Gubernur.