by

Gub Jabar : KTT Y20 dengan Pesan Perdamaian Jadi Lokomotif Pemuda Indonesia Bangun Masa Depan

Seputarnews.com / KOTA BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengemukakan, pelaksanaan Konferensi Tingkat Tinggi Youth 20 di Jabar akan berlangsung meriah, juga menjadi lokomotif anak-anak muda Indonesia dalam membangun masa depan.

Ia juga menegaskan komitmen Pemda Provinsi Jabar dalam menyukseskan pelaksanaan KTT Y20 di Bandung dan Jakarta.

Pertemuan yang akan dihadiri 100 pemuda dari berbagai delegasi negara akan membahas empat aspek, yakni ketenagakerjaan pemuda, transformasi digital, planet yang berkelanjutan dan layak huni, serta keberagaman dan inklusi.

“Kami sangat bangga Pra KTT Y20 berlangsung dengan sangat luar biasa untuk menjadi platform suara anak-anak muda di masa depan. Kita harus mewariskan isu perdamaian, tak ada perang di masa depan dalam empat aspek yang telah disepakati,” kata Ridwan Kamil dalam Y20 Summit Press Conference secara virtual dari Gedung Pakuan, Kota Bandung, Sabtu (2/7/2022).

Y20 adalah platform untuk pemuda-pemudi dari semua negara G20 untuk berdialog, bernegosiasi, serta mengajukan solusi untuk isu-isu mendesak di dunia.

Hasil utama dari KTT Y20 adalah rekomendasi kebijakan, disebut Komunike Y20 yang akan diberikan kepada para pemimpin negara pada pelaksanaan KTT G20 di Bali.

Puncak KTT Y20 akan dilaksanakan di Jakarta dan Bandung pada 17-24 Juli 2022. Sebagai salah satu tuan rumah, Ridwan Kamil menuturkan kesiapannya karena empat isu yang akan dibahas relevan dengan permasalahan yang hadir saat ini dan menjadi solusi untuk masa depan.

“KTT Y20 keren, relevan banget. Jangan selesai hanya di komunike saja. Yang lebih penting mempopulerkan isu ini di kalangan anak muda,” pinta Kang Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Guna mendongkrak popularitas pelaksanaan KTT Y20, Pemda Provinsi Jabar akan menggelar _side event_ yang melibatkan anak muda di Kota Bogor pada 21 Agustus 2022 dengan nama “Youth Innovation Festival”.

Baca juga:  KABAR JABAR DARI ARAFAH Wagub Jabar Apresiasi Kerja Sama Pemerintah Indonesia-Arab Saudi

” _Side event_ sesudahnya dinamakan Youth Innovation Festival. Jadi ada festival khas anak muda, kegiatan kreatif di Bogor, tanggal 21 Agustus. Harapannya rangkaian dari awal sampai akhir Y20 betul-betul meriah dan substantif,” paparnya.

“Sehingga delegasi dari beberapa negara pulang dari Indonesia dapat mengimplementasikan masa depan dengan memperhatikan dan mendengar suara anak muda,” tandas Kang Emil.

Rangkaian _Pra Event_ Youth Innovation Festival sudah dilaksanakan di tiga kota, yakni Bogor, Bekasi dan Depok dari bulan Mei-Juni 2022. Adapun pelaksanaan puncak Youth Innovation Festival akan diadakan di Alun-alun Kota Bogor pada 21 Agustus 2022.