by

DPRD Jabar Dukung Pembangunan Jalan Tol SOCIPA Kab. Bandung

Seputarnews. com/ BANDUNG – Anggota Komisi IV DPRD Jawa Barat, Jajang Rohana dalam rapat pembahasan pembangunan dan peningkatan ekonomi rakyat di Jabar menandaskan, pada prinsipnya DPRD Jabar mendukung rencana pembangunan Jalan Tol Soreang-Ciwidey-Cidaun dan Pangalengan (Socipa), yang saat ini sedang digagas Pemkab Bandung. Kamis(12/5/2022).

Dalam rapat pembahasan pembangunan jalan tol tersebut, Jajang mengatakan “sebenarnya jalan tol jalur tengah selatan sedang disiapkan oleh pemerintah pusat dan sudah masuk dalam program strategis nasional. Proyek ini dalam rangka meningkatkan konek “.

Menurut Jajang Rencana pembangunan Jalan Tol tersebut, yaitu Jalur Selatan Jawa Barat, seperti Jalan Tol Soreang Ciwidey Cidaun Pangalengan itu sudah masuk proyek strategis nasional dan sudah masuk juga ke dalam tata ruang Jawa Barat.

“Jadi karena rencana ini sudah kewenangan pemerintah pusat dan dijadikan proyek strategis nasional, kami mendukungnya dan kami sudah menyepakatinya dalam tata ruang”.ungkapnya

“Jajang memaparkan bahwa dalam program strategis nasional tersebut, Jalan Tol Soreang-Rancabali Kabupaten Bandung dan Cidaun Kabupaten Cianjur atau jalur tengah selatan Jawa Barat ini disiapkan untuk meningkatkan konektivitas dalam rangka pengembangan wisata dan ekonomi.

“Jalur tengah selatan itu di antaranya mencakup Kabupaten Sukabumi-Rancabali-Gambung Pasirjambu, Sedep-Subadra, Cikajang,” urai anggota Fraksi PKS DPRD Jabar ini.

Jajang juga mengusulkan pengembangan konektivitas antara Darajat Kecamatan Ibun dan Cihawuk Kertasari Kabupaten Bandung yang dinilai akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi di wilayah Kabupaten Bandung dan Kabupaten Garut. Saat ini akses yang menghubungkan Darajat

Sebelumnya, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil siap menyetujui rencana pembangunan Jalan Tol Socipa, asalkan terkoneksi dengan Kecamatan Cidaun Kabupaten Cianjur. Gubernur Jabar memahami harus ada jalan tol yang mengarah ke tengah selatan Jawa Barat.

Baca juga:  Komisi IV DPRD Jabar Mengadakanย  Monitoring ke UPTD PSDAย  Wilayah Sungai Citarum di Kab. Bekasi

“Ridwan Kamil Secara prinsip rencana pembangunan jalan tol Soreang-Ciwidey-Pangalengan sangat baik. Tapi kalau berhenti sampai di situ, manfaat jalan tolnya tidak akan maksimal. Maka saya akan ijinkan kalau Jalan Tol Socipa ini bisa tembus sampai Cidaun Kabupaten Cianjur,” Tutupnya