by

BUBOS 6 Melibatkan Warga Asal Jabar di Enam Provinsi Lain

Seputarnews.com/ KOTA BANDUNG – Bula Suci Berbagi On The Street (BUBOS) 2022 atau BUBOS 6 dikemas dengan cara berbeda dari penyelenggaraan sebelumnya. BUBOS 6 akan melibatkan peserta lebih banyak yakni warga asal Jabar yang tinggal di enam provinsi lain. Hal ini sejalan dengan cita – cita menjadikan BUBOS sebagai acara rutin di seluruh Indonesia tiap Ramadan.

Menurut Ketua Pelaksana BUBOS 6 dr. Siska Gerfianti, BUBOS 6 juga melibatkan warga asal Jawa Barat yang berada di enam provinsi lain.

“Tahun ini kebaruannya adalah keterlibatan warga asal Jabar yang berada di provinsi lain yang akan ikut serta dalam puncak BUBOS tanggal 23 April. Ini bisa terlaksana berkat kerja sama dengan Paguyuban Pasundan,” katanya, dalam acara Jabar Punya Informasi (Japri) di Gedung Sate, Selasa (19/4/2022)

Selain itu menurut Doksis – sapaan akrab dokter Siska – keragaman budaya Jawa Barat juga akan menghiasi nuansa BUBOS 6 kali ini.

“Pada puncak acara nanti, Kuningan sendiri sebagai tuan rumah akan menampilkan berbagai kekayaan budayanya, lalu peserta juga selain melakukan kegiatan berbagi di daerahnya masing-masing, juga menampilkan sekilas tentang budaya daerahnya. Kita tahu kan di Jawa Barat setidaknya ada tiga budaya yaitu Sunda di wilayah Priangan, Melayu Betawi di wilayah Bodebek dan wilayah budaya Cirebon di Ciayumajakuning,” jelas Siska.

Menurut Doksis, hal itu selaras dengan tema BUBOS 6 yaitu ‘Bergaya’ kependekan dari Berbagi Dalam Keragaman Budaya.

Sekda Kabupaten Kuningan Dian Rahmat Yanuar yang hadir dalam acara Japri menyebutkan kebahagiaannya Kuningan dijadikan tuan rumah BUBOS 6 tahun ini.

“Kami bangga dan bahagia, maka kami sekuat tenaga akan menjadi tuan rumah yang baik. Sekaligus kesempatan ini sebagai promosi budaya dan pariwisata Kuningan yang kami canangkan sebagai Kota Angklung,” ujar Dian.

Baca juga:  Gub Jabar Instruksikan untuk OPD Bahu Membahu Tanggap Bencana Banjir dan Longsor di Jabar

Atalia Praratya sendiri menargetkan BUBOS 6 diikuti peserta lebih dari 1 juta peserta dari 27 kabupaten/kota dan warga asal Jabar di enam provinsi.

BUBOS sendiri merupakan kegiatan berbagi di momen bulan puasa yang digagas oleh Atalia Ridwan Kamil saat menjabat sebagai Ketua TP PKK Kota Bandung yang kemudian dikolaborasikan dengan unsur pentahelix. Awalnya bernama Buka Bersama On The Street, lalu dikarenkan pandemi berubah menjadi Buka Bersama On The Screen, dan sekarang menjadi Bulan Suci Berbagi On The Street.

“Tapi intinya sama, kita selalu ingin berbagi di bulan yang baik ini,” kata Siska.

Sekadar mengulas, rangkaian acara BUBOS 6 telah dimulai di beberapa daerah Jawa Barat dengan Kontes Juara Anak Soleh (KOAS) dan Buka Berkah (KABAH). Acara puncak BUBOS 6 sendiri dijadwalkan 23 April 2022 di Alun-alun Kabupaten Kuningan yang dilaksanakan secara hybrid. Pungkasnya.