by

Belasan Pemain dan Ofisial Persib Positif COVID-19, Gub Jabar Prihatin dan Berempati

Seputarnews.com /KOTA BANDUNG — Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil prihatin dan berempati atas kondisi Persib Bandung saat ini. Ada 17 orang dalam tim Maung Bandung, baik pemain maupun ofisial, yang terkonfirmasi positif COVID-19.

Kondisi tersebut membuat laga Persib melawan PSM Makassar dalam lanjutan Liga 1 di Stadion Kapten I Wayan Dipta pada Rabu (2/2/2022) ditunda. Sebab, jumlah skuad Persib kurang dari 14 pemain dan tidak memenuhi syarat.

“Pasti mengecewakan semua orang. Karena satu-satunya olahraga yang menyatukan kita adalah sepak bola, dan khususnya Persib kebanggaan Bobotoh se-alam dunia ini sangat dinanti-nanti,” kata Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Kamis (3/2/2022).

Kang Emil pun mendoakan pemain dan ofisial Persib yang terkonfirmasi COVID-19 segera pulih. “Saya mendoakan semoga semua pemain dan ofisial yang positif COVID-19 cepat sembuh dan virus tidak menyebar lebih luas lagi di tim Persib,” ucapnya.

Menurut Kang Emil, peristiwa tersebut harus menjadi evaluasi bersama semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan Liga 1. Tujuannya supaya kasus serupa tidak terjadi kembali ketika kompetisi berjalan.

“Pelajaran untuk kita semua, prokes itu sangat penting. Tidak saja saat pertandingan, tapi di luar pertandingan,” tuturnya. “Aktivitas pemain dan ofisial setelah bertanding adalah tanggung jawab tim,” imbuhnya.

Kang Emil juga mengimbau bobotoh Persib untuk tenang atas penundaan laga tersebut.

Persib sendiri berada di posisi empat klasemen sementara Liga 1 dengan rangkuman 43 poin. Gap poin Persib dengan Arema FC sebagai pemuncak klasemen sementara hanya empat poin. Persib berpotensi memangkas gap tersebut karena memiliki profit satu laga.

Kang Emil menilai, kans Persib untuk menggamit trofi Liga 1 masih besar. Menurutnya, konsistensi, baik dalam permainan maupun mempertahankan skuad, amat krusial dalam mengarungi kompetisi sepak bola tertinggi di Indonesia.

Baca juga:  Retribusi Pasar di Kota Bandung Belum Normal, Baru Mencapai Sekitar 75 Persen

“Tren _na_ juara. Tapi, _sing_ konsisten dalam merumuskan tim. Di mana-mana saya bilang, kalau sudah punya _the winning team_, jangan banyak diganti,” ucapnya.

Selain itu, Kang Emil juga mengimbau kepada masyarakat untuk tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam beraktivitas dan menjaga kesehatan mental. Salah satunya dengan mencari sumber-sumber kebahagiaan di tengah pandemi COVID-19.

“Jadi, jaga kesehatan mental juga. Mari cari sumber-sumber kebahagiaan di tengah situasi yang bikin banyak tidak bahagia. Salah satunya, keluarga, _follow_ akun-akun _nu heureuy_, _nu bodor_, untuk meningkatkan imun,” katanya.