by

Atalia: Pramuka Tetap Tebar Manfaat bagi Masyarakat

Seputarnews.com /KAB. KARAWANG — Ketua Kwartir Daerah Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Ridwan Kamil melantik Ketua Majelis Pembimbing Cabang, Ketua Kwartir Cabang, dan Ketua Lembaga Pemeriksa Keuangan Gerakan Pramuka Kabupaten Karawang Masa Bakti 2021-2026 di Bale Indung Nyi Pager Asih, Komplek Pemda Kabupaten Karawang, Rabu (15/12/2021).

Dalam kesempatan tersebut, Atalia melantik Bupati Karawang Cellica Nurrachadiana sebagai Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Karawang, dan Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh mengemban amanah sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Karawang masa bakti 2021-2026.

Pelantikan digelar dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Seluruh peserta yang hadir terlebih dahulu dilakukan swab antigen. Hal itu dilakukan guna mencegah keterpaparan dari virus COVID-19.

Atalia menuturkan, pramuka hadir untuk mengayomi kebutuhan masyarakat. Apalagi gerakan pramuka bergerak berdasarkan Trisatya Dasa Dharma yang menguatkan pendidikan karakter bagi generasi penerus bangsa. Pendidikan kepramukaan menjadi bekal sebagai pemimpin di masa depan.

“Berbagai permasalahan harus kita bantu bersama-sama. Hadirnya pramuka harus memberikan dampak yang signfikan di masyarakat,โ€ kata Atalia, yang juga mengapresiasi dedikasi ketua kwarcab sebelumnya.

Dengan dilantiknya dua sosok pemimpin di kabupaten industri tersebut, Atalia mengaku tenang karena gerakan pramuka di Jabar, khususnya Karawang akan tetap memberikan kebermanfaatan di tengah masyarakat.

“Saya reugreug (tenang), tadi Kak Celli mengungkapkan komitmennya. Ternyata dalam perjalanannya selalu hadir di tengah masyarakat, salah satunya penyediaan lima rakit untuk membantu kebencanaan,” ucap Atalia.

Ia pun berpesan kepada ketua kwarcab terpilih sekaligus Wakil Bupati Karawang Aep Syaepuloh dapat meneruskan kebaikan untuk kebermanfaatan bagi masyarakat melalui berbagai kegiatan, diantaranya terkait percepatan vaksinasi COVID-19.

“Kak Aep jangan merasa sendirian. Kami dari Kwarda akan membantu. Kami berharap kwarcab juga membantu pramuka Jabar mendorong vaksinasi bekerja sama dengan BPBD,” ujarnya.

Atalia juga mengingatkan agar gerakan pramuka di Jabar turut menyosialisasikan kecanggihan teknologi digital.

Selain melantik kepengurusan kepramukaan di Karawang, Atalia bersama rombongan Gerakan Pramuka Provinsi Jabar juga melantik Ketua Mabicab, Ketua Kwarcab, dan Ketua LPK Kabupaten Subang masa bakti 2021-2026.

Bupati Subang Ruhimat dilantik sebagai Ketua Mabicab Gerakan Pramuka Kabupaten Subang, dan Kepala Dinas Pendidikan Subang Tatang Komara sebagai Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Subang.

Atalia berpesan pada para ketua dan pengurus gerakan pramuka di Subang untuk bersama-sama berkolaborasi menebarkan kebaikan di masyarakat.