by

Akhir Januari 2022, Tol Cisumdawu Seksi 1 Siap Beroperasi

Seputarnews.com /KABUPATEN SUMEDANG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meninjau proyek Jalan Tol Cileunyi – Sumedang – Dawuan di Kabupaten Sumedang, Senin (10/1/2022).

Diperkirakan jalan tol ini dapat dioperasikan pada akhir Januari 2022 untuk seksi 1 ruas Cileunyi – Rancakalong.

Pria yang kerap disapa Kang Emil ini meninjau bersama dengan istri, Atalia Praratya Ridwan Kamil menggunakan sepeda motor.

Jalan tol yang menghubungkan Bandung – Kertajati menuju Dawuan ini mengalami progres pesat. Pengerjaannya terus dikebut, “Pengerjaan secara keseluruhan sampai saat ini di atas 90 persen. Bahkan akhir Januari ini, sebagian akan resmi dibuka untuk umum yaitu seksi 1,” ucap Kang Emil saat ditemui di Tol Cisumdawu.

Lebih lanjut Kang Emil mengatakan, secara keseluruhan ruas Tol Cisumdawu ditargetkan bisa beroperasi pada Juni 2022. Hal ini disebabkan sejumlah hal, di antaranya ada beberapa titik yang mengalami longsor, sehingga pengerjaan terganggu.

“Ada bencana sedikit berupa longsoran – longsoran yang harus diteliti ulang desainnya. Kini sedang ditangani,” ujarnya.

Selain itu masih ada beberapa pembebasan lahan yang harus diselesaikan. Terdapat beberapa titik yang bersifat perluasan, sehingga perlu ada tambahan lahan yang harus dibebaskan.

“Dari laporan kontraktor, hal ini dapat dituntaskan dan pada Juni 2022 sudah bisa dioperasikan. Kita berharap yang penting keamanan terjamin, dan tahun ini bisa tembus sampai Kertajati,” imbuhnya.

Menurut Kang Emil, tersambungnya jalan tol dari Bandung menuju Kertajati, Kabupaten Majalengka ini diharapkan dapat meningkatkan perekonomian di wilayah tersebut. Apalagi jarak tempuh dari Bandung ke Kertajati hanya sekitar 40 menit.

“Kalau jalan tol ini sudah tembus Kertajati, seharusnya tidak ada alasan lagi Kertajati sepi karena jarak tembus dari Bandung ke sana cuma 40 menit,” kata Kang Emil.

Baca juga:  IKP FEST 2022 Diskominfo Se-Jabar Tandatangani Komitmen Berantas Hoaks dan Judi Online

Dengan adanya Jalan Tol Cisumdawu, Provinsi Jawa Barat akan lebih optimistis dalam pemulihan ekonomi di tahun 2022. Hal ini mengingat terdapat pula infrastruktur lain yang akan diresmikan pada tahun ini seperti kereta cepat Jakarta-Bandung.

“Inilah progres kemajuan. Kami ucapkan terima kasih pada Pak Jokowi dan Pak Menteri yang mendorong percepatan ini, sehingga ekonomi masyarakat Jawa Barat akan meningkat,” ujarnya.

Menurut Kang Emil, ini tahun optimistis bagi kebangkitan ekonomi di 2022. Terdapat dua peristiwa besar, satu Tol Cisumdawu, dan kedua adalah kereta cepat Jakarta – Bandung.