by

17 Ketua DPC Demokrat Jabar Dukung Irfan Suryanagara Jadi Ketua DPD Partai Demokrat Jabar

Seputarnews.com /

Surat Dukungan telah diserahkan ke DPP Partai Demokrat

Wakil Ketua DPD Partai Demokrat Jabar Asep Wahyuwijaya mengatakan, sebanyak 17 dari 27 Ketua DPC Partai Demokrat di Jawa Barat solid mendukung Irfan Suryanagara sebagai Ketua DPD Partai Demokrat Jabar.

“Setahu saya jumlah DPC Partai Demokrat di Jawa Barat itu ada 27 DPC sesuai dengan jumlah kota dan kabupaten yang secara administratif diakui berada di Provinsi Jawa Barat. Jadi bukan 36”, kata Asep Wahyuwijaya, saat dikonfirmasi mengenai dukungan dari 19 ketua DPC Partai Demokrat terhadap Kang Anton Suratto sebagai calon Ketua DPD Partai Demokrat Jabar.

“Sepengetahuan saya, setelah Peraturan Organisasi (PO) tentang Musda dikeluarkan, jumlah dukungan terakhir dari para Ketua DPC Partai Demokrat di Jawa Barat kepada Kang Irfan Suryanagara agar kembali melanjutkan amanahnya sebagai Ketua DPD PD Jabar dalam Musda mendatang itu ada 17 DPC”, imbuh Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jabar ini.

Pria yang akrab disapa Kang AW ini menyebut, surat dukungan terhadap Irfan Suryanagara pun telah diserahkan ke DPP Partai Demokrat.

Hari Senin (18/10/2021) awal minggu kemarin semua surat dukungan itu telah diserahkan ke DPP Partai Demokrat, ungkapya. Jadi, jika merujuk pada peta dukungan terakhir dari para Ketua DPC terhadap Kang Irfan maka dukungan DPC ke Kang Anton tentu tinggal tersisa 10 DPC lagi, karena tadi itu, jumlah DPC di Jabar itu kan hanya 27 bukan 36”, ujar Kang AW.

Pihaknya menyebut, adanya model klaim dukungan politik seperti yang dilakukan Ketua DPC pendukung Kang Anton ini adalah hal yang lumrah dan lazim dalam demokrasi.

“Tapi sepanjang pengetahuan dan pengalaman sejak tahun 1995 saat saya menjadi aktivis mahasiswa ikut berbagai acara kongres-kongresan, musda-musdaan, konferensi-konferensian, adanya model klaim dukungan politik seperti yang dilakukan ketua DPC pendukung Kang Anton ini biasa-biasa saja, lumrah dan lazim meskipun cenderung jadi lucu-lucuan”, ungkapnya sambil tersenyum.

Saat ditanya figur ideal yang layak memimpin DPD Partai Demokrat Jawa Barat ke depan, Kang AW menyampaikan bahwa DPD Partai Demokrat Jabar masih sangat membutuhkan sosok Kang Irfan Suryanagara untuk kembali melanjutkan amanahnya sebagai Ketua DPD PD Jabar.

“Jangan main-main, kalo mau memimpin parpol di Jawa Barat yang populasi pemilihnya itu hampir 20% dari populasi pemilih nasional. Selain sosok ketuanya harus disegani oleh para kolega parpol lainnya, mengelola parpol di Jabar ini pun membutuhkan tingkat maturity (kedewasaan) yang cukup, mature dalam pergaulan dengan sesama kader dan kolega parpol lainnya dalam prinsip saling menghormati, tegas dalam memimpin, jelas juga dalam memandu dan yg paling penting matang dan dewasa juga dalam berdemokrasinya”, katanya.

“Gak bisalah parpol di Jabar ini dipimpin dan dikelola secara kekanak-kanakan atau bahkan hanya didasarkan pada nafsu hanya ingin menjadi Ketua saja tapi tak paham materi dan konsekuensi pekerjaannya. Sangat berbahaya bagi Partai Demokrat yang saat ini di Jawa Barat sedang dalam posisi menanjak dan insyaAllah akan menjadi besar ini jika dikelola hanya karena pertimbangan dan alasan yang artifisial begitu”, tegas Kang AW.

Menurutnya, siapapun boleh menjadi Ketua DPD Partai Demokrat asal dalam koridor etika yang sehat dan selalu menjaga keadaban berdemokrasi.

“Jadi, menurut hemat saya, dalam tradisi demokrasi yang sehat, siapapun boleh kok untuk menjadi Ketua DPD Partai Demokrat, yang penting masih dalam koridor etika yang sehat dan selalu menjaga keadaban berdemokrasi dengan kuat serta mapan dalam referensinya tentang bagaimana dan seperti apa mengelola parpol di Jawa Barat”, tutupnya

News Feed